Senin, 15 Oktober 2012

sistem operasi


Algoritma dan Pemrograman 1
Definisi dan simbol Flowchart
1
2. Definisi dan Simbol Flowchart
A. PENGERTIAN DASAR FLOWCHART
Adalah Bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan
langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Flowchart merupakan cara
penyajian dari suatu algoritma
Tujuan Membuat Flowchat :
• Menggambarkan suatu tahapan penyelesaian masalah
• Secara sederhana, terurai, rapi dan jelas
• Menggunakan simbol-simbol standar
Dalam penulisan Flowchart dikenal dua model, yaitu Sistem Flowchart dan
Program Flowchart
♣ System Flowchart :
Yaitu : bagan Yang memperlihatkan urutan prosedure dan proses dari
beberapa file di dalam media tertentu.
Melalui flowchart ini terlihat jenis media penyimpanan yang dipakai dalam
pengolahan data.
• Selain itu juga menggambarkan file yang dipakai sebagai input dan
output.
• Tidak digunakan untuk menggambarkan urutan langkah untuk
memecahkan masalah
• Hanya untuk menggambarkan prosedur dalam sistem yang dibentuk
Algoritma dan Pemrograman 1
Definisi dan simbol Flowchart
2
Contoh System Flowchart
Gambar 1.
Gambar 2.
Data jawaban
ujian
Koreksi
Daftar
Koreksi Data File
utama
ujian
Periksa Ujian
Tabel
Siswa
File
siswa
lulus
Laporan Hasil
Ujian
Keyboard
CPU Disket
VDU
Algoritma dan Pemrograman 1
Definisi dan simbol Flowchart
3
♣ Program Flowchart
Yaitu: Bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan proses dalam suatu
program.
Dua jenis metode penggambaran program flowchart :
1) Conceptual flowchart, menggambarkan alur pemecahan masalah
secara global
2) Detail flowchart, menggambarkan alur pemecahan masalah secara
rinci
Gbr 1. conceptual Flowchart gbr 2. detail flowchart
Start
End
Input “Berapa data” ; N
Jml = 0
Input Bil
Next K
For K = 1 to N
Print “Jumlah = “; Jml
Jml = Jml + Bil
Start
Input
Proses
Output
End
Algoritma dan Pemrograman 1
Definisi dan simbol Flowchart
4
♣ Simbol-simbol Flowchart
Simbol-simbol yang di pakai dalam flowchart dibagi menjadi 3 kelompok :
1) Flow direction symbols
– Digunakan untuk menghubungkan simbol satu dengan yang lain
– Disebut juga connecting line
2) Processing symbols
- Menunjukan jenis operasi pengolahan dalam suatu proses /
prosedur
3) Input / Output symbols
- Menunjukkan jenis peralatan yang digunakan sebagai media input
atau output.
♣ Flow Direction Symbols
Simbol arus / flow, yaitu menyatakan jalannya
arus suatu proses
Simbol communication link, yaitu menyatakan
transmisi data dari satu lokasi ke lokasi lain
Simbol connector, berfungsi menyatakan
sambungan dari proses ke proses lainnya dalam
halaman yang sama
Simbol offline connector, menyatakan
sambungan dari proses ke proses lainnya dalam
halaman yang berbeda
Algoritma dan Pemrograman 1
Definisi dan simbol Flowchart
5
♣ Processing Symbols
Simbol process, yaitu menyatakan suatu tindakan
(proses) yang dilakukan oleh komputer
Simbol manual, yaitu menyatakan suatu tindakan
(proses) yang tidak dilakukan oleh komputer
Simbol decision, yaitu menujukkan suatu kondisi
tertentu yang akan menghasilkan dua kemungkinan
jawaban : ya / tidak
Simbol predefined process, yaitu menyatakan
penyediaan tempat penyimpanan suatu pengolahan
untuk memberi harga awal
Simbol terminal, yaitu menyatakan permulaan atau
akhir suatu program
Simbol keying operation, Menyatakan segal jenis
operasi yang diproses dengan menggunakan suatu
mesin yang mempunyai keyboard
Simbol offline-storage, menunjukkan bahwa data
dalam simbol ini akan disimpan ke suatu media
tertentu
Simbol manual input, memasukkan data secara
manual dengan menggunakan online keyboard
Algoritma dan Pemrograman 1
Definisi dan simbol Flowchart
6
♣ Input / Output Symbols
Simbol input/output, menyatakan
proses input atau output tanpa
tergantung jenis peralatannya
Simbol punched card, menyatakan
input berasal dari kartu atau output
ditulis ke kartu
Simbol magnetic tape, menyatakan
input berasal dari pita magnetis atau
output disimpan ke pita magnetis
Simbol disk storage, menyatakan input
berasal dari dari disk atau output
disimpan ke disk
Simbol document, mencetak keluaran
dalam bentuk dokumen (melalui printer)
Simbol display, mencetak keluaran dalam
layar monitor
Algoritma dan Pemrograman 1
Definisi dan simbol Flowchart
7
HIPO (Hierarchy plus Input-Process-Output)
Merupakan alat dokumentasi program yang dikembangkan dan didukung oleh
IBM. Tetapi kini HIPO juga telah digunakan sebagai alat bantu untuk merancang
dan mendokumentasikan siklus pengembangan sistem
♣ SASARAN HIPO
HIPO telah dirancang dan dikembangkan secara khusus untuk menggambarkan
suatu struktur bertingkat guna memahami fungsi-fungsi dari modul-modul suatu
sistem, dan HIPO juga dirancang untuk menggambarkan modul-modul yang
harus diselesaikan oleh pemrogram. HIPO tidak dipakai untuk menunjukkan
instruksi-instruksi program yang akan digunakan, disamping itu HIPO
menyediakan penjelasan yang lengkap dari input yang akan digunakan, proses
yang akan dilakukan serta output yang diinginkan.
♣ DIAGRAM HIPO
HIPO menggunakan tiga macam diagram untuk masing-masing tingkatannya,
yaitu sebagai berikut :
a. Visual table of contents
Diagram ini menggambarkan hubungan dari modul-modul dalam suatu
sistem secara berjenjang
Algoritma dan Pemrograman 1
Definisi dan simbol Flowchart
8
Laporan
Peminjam
Karyawan
1.1
Sistem
Perustaka
Kembalian
2.2
Pinjaman
2.1
Pustaka
1.3
Anggota
1.2
Laporan
Laporan
3.0
Pelayanan
Sirkulasi
Entry
Data
1.0
Laporan
Pustaka
Laporan
Denda
Tambah
1.1.1
Hapus
1.1.4
Edit
1.1.2
Lihat
1.1.3
Tambah
1.2.1
Hapus
1.2.4
Edit
1.2.2
Lihat
1.2.3
Tambah
1.3.1
Hapus
1.3.4
Edit
1.3.2
Lihat
1.3.3
Tambah
2.1.1
Hapus
2.1.4
Edit
2.1.2
Lihat
2.1.3
Tambah
2.2.1
Hapus
2.2.4
Edit
2.2.2
Lihat
2.2.3
Algoritma dan Pemrograman 1
Definisi dan simbol Flowchart
9
b. Overview diagrams
Overview diagrams digunakan untuk menunjukkan secara garis besar
hubungan dari input, proses dan output, dimana bagian input
menunjukkan item-item data yang akan digunakan oleh bagian proses
berisi langkah-langkah yang menggambarkan kerja dari fungsi atau modul
dan bagian output berisi hasil pemrosesan data.
Input Process Output
Data Karyawan Memasukkan Data - Kartu Identitas
- Daftar Karyawan
- Slip Gaji
c. Detail Diagram
Detail Diagram berisi elemen-elemen dasar dari paket yang menggambarkan secara
rinci kerja dari fungsi atau modul
Input Process Output
Data Karyawan meliputi
:
- NIP
- Nama Lengkap
- Tempat
- Tanggal Lahir
- Alamat Lengkap
- Golongan
- Jabatan
- Status
- Jumlah Anak
- Gaji Pokok
- Tunjangan
- Masukkan Data
- Uji Kesamaan
Data
- Uji Akhir Input
Data
- Kartu Identitas
- Daftar Karyawan
- Slip Gaji
- Pemberitahuan
Kesamaan Data
- Pemberitahuan
Kesalahan Data
- Kembali ke Menu
Induk

BERMAIN LOGIKA PEMROGRAMAN
Oleh : Faisal Ahmad
Ahmadelectrical@yahoo.com
Abstrak
Makalah ini membahas mengenai pengenalan komputer dan cara pemrograman komputer.
Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.
Komputer terdiri dari dua perangkat yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware)
Software : program-program untuk menjalankan pekerjaan yang diingikan pada computer.
Hardware : media pemprosesan
Bahasa pemrograman merupakan cara komunikasi standar komputer untuk mengekspresikan instruksi kepada komputer.
Kata kunci : pengenalan komputer , bahasa pemrograman
Pendahuluan
Pada zaman diera elobalisasi ini kata komputer tidak asing lagi di telinga kita.
Komputer pun telah berkembang menjadi lebih canggih sehingga dapat dibawa kemana-mana yang disebut laptop. Sehingga kita harus lebih mengenal computer beserta bahasa pemrogramannya.
Pengenalan komputer
Computer terdiri dari dua perangkat yaitu :
1.
Perangkat lunak (software)
Software berguna untuk menjalankan program-program pekerjaan yang kita inginkan.
Pada umumnya software terdiri dari :
a. Sistem Operasi, seperti DOS, Unix, Novell, OS/2, Windows.
Adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tidak dapat difungsikan sama sekali.
b. Program Utility, seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools
Program utility berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterang dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.
c. Program Aplikasi, seperti GL, MYOB, Payroll.
Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Umumnya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai dengan permintaan/kebutuhan seseorang/lembaga/perusahaan guna keperluan interennya.
d. Program Paket
Merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, seperti :

Pengolah kata /editor naskah : Wordstar, MS Word, Word Perfect, AmiPro
BERMAIN LOGIKA PEMROGRAMAN I AR
Semoga artikel ini dapat berguna bagi para pembaca (2008)

Pengolah angka / lembar kerja : Lotus123, MS Excell, QuattroPro, dll

Presentasi : MS PowerPoint

Desain grafis : CorelDraw, PhotoShop
e. Compiler
Komputer hanya memahami satu bahasa, yaitu bahasa mesin. Bahasa mesin adalah terdiri dari nilai 0 dan 1. Sangatlah tidak praktis dan efisien bagi manusia untuk membuat program yang terdiri dari nilai 0 dan 1, maka dicarilah suatu cara untuk menterjemahkan sebuah bahasa yang
dipahami oleh manusia menjadi bahasa mesin. Dengan tujuan inilah, diciptakan compile.r
2.
Perangkat keras (Hardware)
Hardware merupakan alat pemrosesan agar computer dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.
PC= personal computer
PC merupakan alat serbaguna (general purpose tool) yang terdiri dari berbagai
komponen : Ram, Hardisk, Processor, dsb, dan bekerja secara simultan.
On The Inside
CPU
Memory
Motherboard
Power Supply
Hardisk
Operating System
IDE Controller
PCI Bus
SCSI
AGP
Sound Card
Graphic Card

CPU
CeProcessing Unit (CPU) adalah inti
Computer, Seluruh aktifitas komputer berada dibawah pengawasan dan kendali CPU.


Processor
Istilah lain CPU adalah Microprocessor, yaitu mesin komputasi lengkap yang disusun pada sebuah chip

Memory
Memory adalah media penyimpan data
sementara dalam upaya mempercepat proses
pengolahan data
Memori berfungsi untuk menyimpan data dan program. Terdapat beberapa penggolongan
memori dari yang tercepat hingga yang
terlambat dalam akses data

Mainboard
Mainboard adalah papan utama yang berisi
komponen-komponen elektronik dan
dihubungkan melalui ribuan sirkuit
Mainboard merupakan board/papan induk yang memungkinkan semua perangkat memperoleh aliran listrik dan berkomunikasi satu sama lain Komponen eksternal berupa media input dan output juga terhubung dengan mainboard

Power supply
Power Supply Unit (PSU) atau Adaptor, adalah media kebutuhan listrik yang digunakan oleh komputer. PSU termasuk perangkat yang sangat penting dalam komputer karena tanpa perangkat ini, komputer hanyalah sebuah barang pajangan yang terbuat dari plastik atau logam

Hardisck
Hardisk merupakan media penyimpanan data
permanen yang sangat besar. Hardisk digunakan untuk menyimpan data berupa program atau dokumen
BERMAIN LOGIKA PEMROGRAMAN I AR
Semoga artikel ini dapat berguna bagi para pembaca (2008)
Bermain Bahasa Pemrograman
Apa sich Bahasa Pemrograman itu ?
Bahasa pemrograman merupakan cara komunikasi standar komputer untuk mengekspresikan instruksi kepada computer ., setiap bahasa memiliki tata tulis dan aturan tertentu Layaknya bahasa manusia begitu juga dengan bahasa pemrograman.
Bahasa pemrograman memfasilitasi seorang programmer untuk secara spesifik apa yang akan dilakukan oleh komputer selanjutnya, bagaimana data tersebut disimpan dan dikirim, dan apa yang akan dilakukan apabila terjadi kondisi yang variatif.
Bahasa pemrograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, menengah, dan tingkat tinggi. Pergeseran tingkat dari rendah menuju tinggi menunjukkan kedekatan terhadap ”bahasa manusia”.
KATEGORI BAHASA PEMROGRAMAN
1. Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi
Merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri-ciri mudah dimengerti karena kedekatannya terhadap bahasa sehari – hari. Sebuah pernyataan program diterjemahkan kepada sebuah atau beberapa mesin dengan menggunakan compiler.
Sebagai contoh adalah : JAVA, C++, .NET
2. Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah
Bahasa pemrograman generasi pertama. Bahasa jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Disebut juga dengan bahasa assembly merupakan bahasa dengan pemetaan satu – persatu terhadap instruksi komputer. Setiap intruksi assembly diterjemahkan dengan menggunakan assembler.
3. Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah
Dimana penggunaan instruksi telah mendekati bahasa sehari – hari, walaupun masih cukup sulit untuk dimengerti karena menggunakan singkatan – singkatan seperti STO yang berarti simpan (STORE) dan MOV yang artinya pindah (MOVE). Yang tergolong dalam bahasa ini adalah Fortran.
Langkah-langkah Pembuatan
Program
Dalam pembuatan program, programmer tidak asal-asalan dalam pembuatan dan pengkodeanan program yang dibuatnya.
Tetapi programmer mengikuti perencanaan dan metodologi yang terstruktur yang memisahkan proses suatu aplikasi menjadi beberapa bagian.
Berikut ini langkah – langkah sistematis dasar dalam menyelesaikan permasalahan pemrograman :
1.
Mendefiniskan masalah
2.
Menganalisa dan membuat rumusan pemecahan masalah
3.
Desain Algoritma dan Representasi
4.
Pengkodean, Uji Coba dan pembuatan dokumentasi
1.
Mendefiniskan masalah
Dalam mengerjakan suatu masalah, agar masalah ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang direncanakan maka kita harus tahu masalah-masalah yang terjadi.
2.
Menganalisa dan membuat rumusan pemecahan masalah
Setalah mendapatkan definisi dari masalah yang terjadi maka cara selanjutnya haruslah kita membuat rumusan yang terjadi pada masalah
3.
Desain Algoritma dan Representasi
Setelah kita mengetahui dengan baik dan jelas mengenai permasalahan yang ingin diselesaikan, langkah selanjutnya yaitu membuat rumusan algoritma untuk menyelesaikan permasalahan. Dalam pemrograman komputer penyelesaian masalah BERMAIN LOGIKA PEMROGRAMAN I AR
Semoga artikel ini dapat berguna bagi para pembaca (2008)
BERMAIN LOGIKA PEMROGRAMAN I AR
Semoga artikel ini dapat berguna bagi para pembaca (2008)
didefinisikan dalam langkah demi langkah.
Algoritma adalah urutan langkah – langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Logis merupakan kunci dari sebuah algoritma. Langkah – langkah dalam algoritma harus logis dan bernilai benar atau salah.
Algoritma dapat diekpresikan dalam bahasa manusia, menggunakan presentasi grafik melalui sebuah FlowChart (diagram alir) ataupun melalui PseudoCode yang menjembatani antara bahasa manusia dengan bahasa pemrograman.
4.
Pengkodean, Uji Coba dan pembuatan dokumentasi
Setelah membentuk algoritma, maka proses pengkodean dapat dimulai. Menggunakan algoritma sebagai pedoman, maka kode program dapat ditulis sesuai bahasa pemrograman yang dipilih.
Setelah menyelesaikan seluruh kode program, langkah selanjutnya yaitu menguji program tersebut apakah telah berfungsi sesuai tujuannya untuk memberikan suatu solusi untuk menyelesaikan suatu masalah. Bilamana terjadi kesalahan – kesalahan logika atas program, disebut juga sebagai bugs, maka kita perlu untuk mengkaji ulang rumusan / algoritma yang telah dibuat, kemudian memperbaiki implementasi kode program yang mungkin keliru. Proses ini disebut dengan debugging.
Daftar pustaka
www. erwin2h.wordpress.com
www. Ilmukomputer.com
supriyanto dan sutatmi.2005. “Teknologi informasi dan komunikasi 2”. Salatiga : Yudistira


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

a
b
a
S
a
h
c
s
i
r
P
a
n
i
l
o
r
a
h
C